Salafy Sorowako

Radio Suara Sunnah Sorowako || Menebarkan Ilmu Berdasarkan Al-Qur'an dan As Sunnah

Dec

8

APAKAH SEMUA ORANG ATAU CUKUP SEORANG SAJA MENGUCAPKAN TASYMIT, KETIKA SESEORANG BERSIN DALAM SEBUAH MAJELIS?

By salafysorowako

APAKAH SEMUA ORANG ATAU CUKUP SEORANG SAJA MENGUCAPKAN TASYMIT, KETIKA SESEORANG BERSIN DALAM SEBUAH MAJELIS?

✔️ Pertanyaan: Terkait dengan tasymit (mengucapkan yarhamukallah) ketika seorang bersin dalam sebuah majelis, apakah dilakukan oleh semuanya? ataukah cukup oleh seorang saja❓

? Mengucapkan tasymit kepada seorang yang bersin termasuk di antara hak muslim terhadap saudaranya muslim. Nabi shallallahu ‘alaihi was salam bersabda:

« إِذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ فَحَمِدَ اللَّهَ فَشَمِّتُوهُ»

“Apabila salah seorang di antara kalian bersin lalu mengucapkan alhamdulillah, maka bertasymitlah kepadanya.”

〽️ yaitu dengan syarat ini, ia mengucapkan alhamdulillah setelah bersin. Adapun bila tidak mengucapkan alhamdulillah, maka tidak bertasymit kepadanya.

? Tasymit maknanya ialah menghilangkan syamatah (perasaan gembira atas bencana yang menimpa orang lain) dengan mendo’akan kebaikan untuknya seperti pada ucapannya, “Yarhamukallah.” ini adalah tasymit. Dan ini merupakan hak seorang muslim terhadap muslim lainnya. Dan apabila jumlah hadirin banyak, maka cukup salah seorang saja di antara mereka. Ini merupakan sunnah kifayah, apabila salah seorang dari kalian sudah mengerjakannya, maka hal itu telah mencukupi.

 

*******
?? https://telegram.me/ashshorowaky

=============================

السؤال:

بالنسبة لتشميت العاطس في المجلس هل يكون من المجموعة؟ أم يكفي واحد؟

تشميت العاطس حقٌ من حقوق المسلم على أخيه المسلم، قال – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ-: « إِذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ فَحَمِدَ اللَّهَ فَشَمِّتُوهُ»، بهذا الشرط أن يحمد الله بعد العُطاس فيُشَّمتْ، أما إذا لم يحمد الله فإنه لا يُشَّمتْ، والتشَّميت معناه: إزالة الشماتة عنه بالدعاء له، كما في قوله: « يَرْحَمُكَ اللَّهُ»، هذا هو التشميت؛ وهذا هو من حق المسلم على المسلم، وإذا كان الحضور كثيرين يكفي واحدٌ منهم، هذه سُّنة كفاية إذا قام بها أحدهم كفى.

? https://telegram.me/fawzaan

Leave a comment