BERSUMPAH TIDAK MEMINUM MINUMAN BERSODA, TETAPI KEMUDIAN MENARIK UCAPANNYA

Seorang bersumpah tidak meminum lagi minuman bersoda, tetapi kemudian ia menarik ucapannya

Black nib Asy-Syaikh Ubaid bin Abdillah al-Jabiri hafizhahullah

Open lock Tanya: Seorang wanita bertanya, menuturkan ketika ia membaca sebuah buletin yang menyebutkan bahwa minuman-minuman berkarbonasi mengandung lemak babi. Maka ia bersumpah kepada Allah untuk tidak meminumnya lagi. Namun kemudian ia membaca buletin lain yang mematahkan pernyataan tersebut. Apakah setelah itu ia boleh minum minuman bersoda atau apa yang harus ia lakukanBlack question mark ornament

Memo Jawab:
Putriku, selama engkau ada di sebuah negara islam, apalagi putri-putri Mamlakah (Saudi Arabia) -Semoga Allah menjaganya dan seluruh negeri kaum muslimin dari segala kejelekan dan segala sesuatu yang dibenci- maka jangan engkau Doormembuka gerbang rasa was-was pada dirimu, Electric torch jangan engkau selalu mencari dan membaca satu buletin dan kemudian buletin lainnya.

Hot beverageKamu boleh mengonsumsi minuman-minuman bersoda itu  ataupun minuman yang lain. Minuman-minuman bersoda bukanlah memang minuman bernutrisi.

Warning sign ?Mengonsumsinya dalam jumlah banyak dapat membahayakan kesehatan.

Scroll Bisa saja kamu membaca buletin lain lagi, yang menyebutkan ini itu sehingga membuatmu bingung mana yang benar dari buletin-buletin itu. Dan menurutku terkait apa yang menimpamu itu, hendaknya kamu membayar kaffarah atas sumpahmu itu dengan membebaskan seorang budak mukminah, atau memberi makan sepuluh orang miskin atau dengan memberi mereka pakaian.

Electric light bulbBila tiga hal ini  tidak kau sanggupi, berpuasalah tiga hari berlainan atau berturut-turut lalu saranku jangan engkau ulangi sumpah semacam ini. Na’am.

Personal computer Sumber: http://ar.miraath.net/fatwah/5019

Leave a Reply