HUKUM PENGOBATAN WANITA KEPADA LELAKI

HUKUM PENGOBATAN WANITA KEPADA LELAKI

✅ Apa pendapat Samahatusy Syaikh tentang pengobatan wanita kepada (dokter) lelaki dalam bidang pengobatan gigi, apakah hal itu diperbolehkan❓

✏.. Perlu diketahui bahwa dalam bidang ini dan di negeri tersebut, para dokter lelaki banyak bertebaran.

?Jawaban:
Kami sudah banyak berupaya dan bekerja bersama para penanggung jawab agar pengobatan lelaki adalah kepada lelaki dan pengobatan wanita kepada wanita. Dokter perempuan adalah bagi para wanita dan dokter laki-laki adalah bagi para lelaki, baik dalam masalah gigi maupun selainnya.

?? Dan inilah yang benar. Karena seorang wanita adalah aurat dan fitnah kecuali bagi orang-orang yang dirahmati Allah.

✊? Sehingga yang wajib, dokter wanita khusus melayani wanita sedangkan dokter laki-laki khusus melayani kaum lelaki. Kecuali dalam kondisi darurat (terpaksa) yang genting.


⚠ Apabila ada seorang pasien laki-laki sedangkan di sana tidak ada dokter laki-laki, maka ini tidak mengapa (dilayani dokter perempuan). Allah berfirman:

وقد فصل لكم كا حرم عليكم إلا ما اضطررتم إليه

? “Sungguh Allah telah menerangkan apa yang sudah diharamkan kepada kalian, kecuali bila kalian dalam keadaan terpaksa.” [1]

? Namun jika tidak terpaksa (darurat), maka yang wajib adalah dokter laki-laki mengobati laki-laki dan dokter perempuan mengobati perempuan.

? Sehingga bagian pengobatan dokter laki-laki tersendiri dan bagian pengobatan dokter perempuan juga tersendiri atau adanya rumah sakit khusus bagi laki-laki dan rumah sakit khusus bagi perempuan sehingga semuanya menjadi jauh dari fitnah dan ikhtilath (campur baru lawan jenis) yang merugikan. Inilah yang wajib atas semuanya.

? Sumber: http://www.ibnbaz.org.sa/node/2188

Catatan Kaki:
[1]. Surat al-An’am:119

Leave a Reply