MADZHAB YANG EMPAT DAN SEJAUH MANA KESHAHIHANNYA

MADZHAB YANG EMPAT DAN SEJAUH MANA KESHAHIHANNYA

✔️ Pertanyaan: Madzhab yang empat: Hanbaliyah, Syafi’iyyah, Malikiyah, dan Hanafiyah – apakah madzhab-madzhab tersebut shahih (benar) dan di zaman mana didapati❓

? Jawaban:

? Madzhab yang empat ini merupakan madzhab-madzhab yang sudah tersohor. Tersebar pada abad ke dua Hijriyah dan setelahnya.

? Madzhab Abu Hanifah telah dikenal dan tersebar pada abad ke dua. Demikian juga dengan madzhab Malik juga pada abad ke dua. Adapun madzhab asy-Syafi’i dan Ahmad, maka keduanya tersebar di abad ke tiga.

? Dan mereka semua berada di atas kebaikan dan petunjuk. Dan tujuan mereka ialah memeriksa kebenaran yang ditunjukkan oleh Kitabullah dan sunnah Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi was salam.

〽️ Namun bukan berarti bahwa setiap dari mereka adalah maksum dan tidak pernah terjatuh dalam sebuah kesalahan. Bahkan setiap dari mereka memiliki kekeliruan sesuai dengan sunnah yang sampai yang kepada mereka dan sesuai dengan apa yang mereka ketahui dari Kitabullah.

? Terkadang sebagian mereka terluput dari suatu ilmu yang ada dalam Kitabullah dan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi was salam sehingga ia berfatwa sesuai dengan apa yang ia ketahui. Dan ini suatu hal yang ma’lum di sisi para ‘ulama.

? Digabungkan dengan imam-imam yang empat ini juga ialah para ‘ulama selain mereka seperti al-‘Auzai, Ishak bin Rahawaih, Sufyan ats-Tsauri, Sufyan bin ‘Uyainah, Waki’ bin al-Jarrah, dan selain mereka dari para imam tersohor.

↩️ Maka setiap dari mereka berijtihad sesuai dengan ilmu yang sampai kepadanya. Barang siapa yang benar (dalam ijtihadnya), maka dia mendapatkan dua pahala dan barang siapa yang salah, maka dia mendapatkan pahala ijtihadnya saja meskipun terluput dari pahala mencocoki kebenaran. Sebagaimana hal itu telah shahih dari Sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi was salam.

Wallahul muwafik.

? Sumber: Majmu’ Fatawa Ibn Baz (7/hal. 149)  {asy-Syamilah}

※※※※※
? https://telegram.me/ashshorowaky

Leave a Reply